PENERAPAN MICRO CDS/ISIS UNTUK PENGELOLAAN INFORMASI

Rukasih Dardjat

Abstract


Penggunaan komputer untuk penyimpanan dan pencarian kembali informasi sudah banyak dilakukan oleh beberapa perpustakaan, pusat informasi, pusat dokumentasi, dan lain-lain.

CDS/ISIS (Computerized Documentation Systems/Integrated Set of Information Systems), adalah suatu sistem penyimpanan dan pencarian kembali informasi pada umumnya, yang dirancang secara khusus untuk pengelolaan pangkalan data yang bukan numerik (non-numerical data base) dengan menggunakan komputer.

Micro CDS/ISIS Software Package merupakan paket piranti lunak yang dikembangkan oleh Unesco (Copyright Unesco, 1985), yang sistem pengelolaannya dapat dioperasikan dengan menggunakan komputer mikro (IBM PC XT/AT, IBM Compatible, Olivetti PC, dan lain-lain).

Paket perangkat lunak Nicro CDS/ISIS terdiri dari satu set program-program komputer yang setiap program mempunyai fungsi khusus untuk mengolah serta memproses elemen-elemen data yang berbeda sama sekali untuk menjadi suatu informasi tertentu yang sesuai dengan keinginan para pengguna.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v12i3-4.7



Copyright (c)

Jl. Jend.Gatot Subroto No.10, South Jakarta, DKI Jakarta12710, Indonesia
Copyright 2019 by PDDI LIPI, Design by Slamet Riyanto