KENDALA ALIH TEKNOLOGI DAN ALTERNATIF SOLUSINYA

Soekirno Soekirno

Abstract


Penguasaan teknologi telah mehjadikan suatu negara yang bersangkutan mempunyai keunggulan komparatif atas negara-negara lainnya. Alih teknologi dari negara ,maju ke negara sedang berkembang seringkali baru dalam bentuk teknologi yang relatif sederhana, karena kebanyakan teknologi tinggi masih dirahasiakan, sampai ditemukannya teknologi yang lebih canggih. Kendala pokok alih teknologi dari negara maju ke negara sedang berkembang adalah keterbatasan sumberdaya manusia dan dana.

Pihak pemilik paten (hak khusus atas temuan teknologi) bisa memindahkan sebagian atau seluruh haknya kepada pihak lain dengan mengadakan perjanjian yang disebut lisensi (licence agreement). Karena pihak pemegang hak paten atas temuan teknologi berkepentingan agar modal yang ditanamkan di negara sedang berkembang mendapat perlindungan, maka UU Paten dan Merk serta perjanjian lisensi tak boleh diabaikan dalam masalah alih teknologi.

Jual beli teknologi bisa mendorong pihak-pihak yang bersangkutan dalam memacu perkembangan temuan teknologi. Pembeli teknologi mempunyai peluang untuk terus mengembangkan teknologi yang sudah dibeli itu sesuai dengan konsepsinya, sementara pihak pemegang paten akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan teknologi yang dijualnya untuk membuka pasar baru.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v20i5.38



Copyright (c)

Jl. Jend.Gatot Subroto No.10, South Jakarta, DKI Jakarta12710, Indonesia
Copyright 2019 by PDDI LIPI, Design by Slamet Riyanto