GENERASI PEMBELAJAR MANDIRI DAN PENDIDIKAN ABAD 21

Blasius Sudarsono

Abstract


Kebutuhan untuk belajar tidak akan pernah berhenti. Oleh karena itu konsep belajar sepanjang hayat memang benar! Secara logika untuk melaksanakan konsep tersebut jelas tidak mungkin dilakukan selalu dengan keterlibatan pihak lain. Lebih banyak situasi seseorang harus belajar secara mandiri. Selain itu seperti pada pembelajaran formal selalu ada saat akhirnya. Sedangkan pembelajaran mandiri hanya akan berakhir saat seseorang hidupnya berakhir. Oleh karena itu disebut pembelajaran sepanjang hayat.

Full Text:

PDF

References


BOWLESY, Melissa; Erin Davis, and Wendy Holliday (2010) “ Writing information literacy” revisited : application of theory to practice in the classroom. Dalam Reference & user services quarterly, Vol 49, issue 3, April 2010. Tersedia online pada http://www.rusq.org/2010/04/07/writing-information-literacy-revisited/.

KABAY, M. E. (2010) SQ3R: Active Learning for Everyone. Tersedia online pada www.mekabay.com/methodology/sq3r.pdf

KELLY, Curtis (1997) David Kolb, the theory of experiential learning and ESL. The Internet TESL Journal, Vol. III, No. 9, September 1997. Tersedia online pada http://iteslj.org/Articles/Kelly-Experential/

KERKA, Sandra (1997) Constructivism, Workplace Learning, and Vocational Education. ERIC Digest No. 181. Columbus OH, ERIC Clearinghouse on Adult Career and Vocational Education

KOCH, Melissa (2001) Information Literacy: Where Do We Go from Here? Technos: quarterly for edu-cation and technology, Spring, 2001.

PICKLES, Tim and Roger Greenaway (2010) Experential learning articles and critiques of David Kolb’s theory untuk experential-learning, Tersedia online pada http://www.reviewing.co.uk/research/experential.learning.htm

RAMDHANI, Neila (2008) Active learning & soft skills. Makalah disampaikan dalam Seminar AKPER Panti Rapih, Yogyakarta, 15 April 2008.

SUDARSONO, Blasius (2007) Keberinformasian: sebuah pemahaman awal. Makalah dalam Seminar sehari melek informasi dalam pembelajaran dan pengajaran di sekolah. Beran, Tridadi, Sleman, Yogyakarta, 13 Februari 2007.

UNITED States, Agency for International Development (2009)

Active-Learning Pedagogies as a Reform Initiative: Synthesis of Case Studies. Washington, DC.




DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v33i1.104



Copyright (c)

Jl. Jend.Gatot Subroto No.10, South Jakarta, DKI Jakarta12710, Indonesia
Copyright 2019 by PDDI LIPI, Design by Slamet Riyanto