PERILAKU INFORMASI CONTENT CREATOR JEJARING SOSIAL BERBASIS VIDEO

Derin Aypa Berhama Zega, Moh. Safii, Roekhan Roekhan

Abstract


ABSTRACT

Information search is carried out by all groups to support their daily work. This is also done by content creators as content creators so that the content shared is accurate and useful. This study aims to describe the information behavior of content creators using David Ellis' information behavior model. This research is a type of qualitative research. Data collection techniques with interviews and documentation studies. Sampling in the study was selected through a purposive sampling technique. Through this technique, two people were chosen to act as content writers and editors as informants in this study because they were directly involved in developing story ideas and writing video scripts for the "How come?" Youtube channel. Data analysis through data reduction, coding, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study found that in the early stages, content creators identified their information needs through the main literature; chaining, understanding information, enriching information sources; browsing, tracing information sources both digital and print media; differentiate, choose sources of information according to the preferences of content creators; monitoring, monitoring the flow of development of information sources; extracting, identifying and recording information points; verify, re-check the information that has been collected; ending, do the packaging and share the videos that have been made. The conclusion of the study shows that content creator search behavior is an active information search behavior because they know the need for information and try to fulfill it by finding and selecting sources of information. The results of the analysis show that the main factors that drive information needs into information seeking behavior are due to job demands and their desire to share informative and educative content with audiences. In addition, information search is also carried out to increase their knowledge and insight.

 

ABSTRAK

Pencarian informasi dilakukan oleh semua kalangan untuk mendukung pekerjaannya sehari-hari. Hal ini juga yang dilakukan oleh content creator sebagai seorang pembuat konten agar konten yang dibagikan akurat dan dapat dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku informasi content creator menggunakan model perilaku informasi David Ellis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi. Sampling dalam penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Melalui teknik tersebut terpilih dua orang yang berperan sebagai content writer dan editor selaku informan pada penelitian ini karena mereka adalah pihak yang berhubungan langsung dalam pengembangan ide cerita dan penulisan script video pada kanal youtube “Kok Bisa?”. Analisis data melalui reduksi data, coding, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada tahap starting, content creator mengidentifikasi kebutuhan informasinya melalui key literature; chaining, memahami informasi, memperkaya sumber informasi; browsing, menelusuri sumber informasi baik media digital dan cetak; differentiating, seleksi sumber informasi sesuai preferensi content creator; monitoring, memantau arus perkembangan sumber informasi; extracting, identifikasi dan pencatatan poin informasi; verifying, pemeriksaan kembali informasi yang telah dikumpulkan; ending, melakukan pengemasan dan membagikan video yang telah dibuat. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perilaku pencarian content creator adalah perilaku pencarian informasi aktif karena mereka mengetahui kebutuhan informasi dan berusaha untuk memenuhi hal tersebut dengan melakukan pencarian dan seleksi terhadap sumber informasi. Hasil analisis diketahui faktor utama yang mendorong kebutuhan informasi menjadi perilaku pencarian informasi adalah karena tuntutan pekerjaan serta keinginan mereka untuk membagikan konten yang bersifat informatif dan edukatif bagi penontonnya. Selain itu pencarian informasi juga dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka.

Keywords


Information search behavior; Content creator; Youtube; Youtube content

References


Anggono, G. S. S., & Jumino, J. (2016). Perilaku pencarian informasi mahasiswa di Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(3), 171–180. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15205/14701

Bennett, S., Bishop, A., Dalgarno, B., Waycott, J., & Kennedy, G. (2012). Implementing Web 2.0 technologies in higher education: A collective case study. Computers & Education, 59(2), 524–534. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2011.12.022

Bergman, O., & Whittaker, S. (2016). The science of managing our digital stuff. MIT Press.

Brake, D. R. (2014). Are we all online content creators now? Web 2.0 and digital divides∗. 19, 591–609. https://doi.org/10.1111/jcc4.12042

Buf, D. M., & Ştefãniþã, O. (2020). Uses and gratifications of youtube: A comparative analysis of users and content creators. Romanian Journal of Communication and Public Relations, 22(2), 75–89. https://doi.org/10.21018/rjcpr.2020.2.301

Deanawa, N. A. (2016). Analisis Kebutuhan Informasi (Information Need Assessment) Lansia di Kota Surabaya. Journal Unair, 5(3), 43–44. http://journal.unair.ac.id/LN@analisis-kebutuhan-informasi-(information-need-assessment)-lansia-di-kota-surabaya-article-10824-media-136-category-8.html

Digital in Indonesia: All the Statistics You Need in 2021 — DataReportal – Global Digital Insights. (n.d.). Retrieved May 8, 2021, from https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia?rq=Indonesia

Du, J. T., & Chu, C. M. (2022). Toward community-engaged information behavior research: A methodological framework. Library & Information Science Research, 44(4), 101189. https://doi.org/10.1016/J.LISR.2022.101189.

Gorichanaz, T., & Venkatagiri, S. (2022). The expanding circles of information behavior and human–computer interaction. Journal of Librarianship and Information Science, 54(3), 389–403. https://doi.org/10.1177/09610006211015782

Huvila, I., Enwald, H., Eriksson-Backa, K., Liu, Y. H., & Hirvonen, N. (2022). Information behavior and practices research informing information systems design. Journal of the Association for Information Science and Technology, 73(7), 1043–1057. https://doi.org/10.1002/ASI.24611

Kundu, K. D. (2017). Models of Information Seeking Behaviour: A Comparative Study. International Journal of Library and Information Studies, 7(4), 393–405. https://www.ijlis.org/articles/models-of-information-seeking-behaviour-a-comparative-study.pdf

Larasati, M., & Prasetyawan, Y. Y. (2020). Personal information management dan perilaku mahasiswa Universitas Diponegoro dalam memanfaatkan bookmark manager. Pustakaloka, 12(2), 215–236. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2324

Nofitria, A., Dawud, D., & Susanto, G. (2017). Pengembangan model pembelajaran membaca kritis teks argumentasi untuk siswa kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan, 2(10), 1409—1415. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Nurkomara, S. (2020). Perilaku pencarian informasi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan skripsi pada masa social distancing. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51360

Pham, H. C., Ulhaq, I., Nguyen, M. N., & Nkhoma, M. (2021). An exploratory study of the effects of knowledge sharing methods on cyber security practice. Australasian Journal of Information Systems, 25(2017), 1–23. https://doi.org/10.3127/ajis.v25i0.2177

Prasetyawan, Y. Y. (2017). Perkembangan open access dan kontribusinya bagi komunikasi ilmiah di Indonesia. Anuva, 1(2), 93. https://doi.org/10.14710/anuva.1.2.93-100

Prasetyawan, Y. Y., & Krismayani, I. (2019). Kajian perilaku informasi mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 171. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.480

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Preciosa Alnashava, J. (2018). Potensi Youtube sebagai media edukasi bagi anak muda. Edulib, 8(1), 81–98. https://ejournal.upi.edu/index.php/edulib/article/view/11267/PDF

Reijo, S. (2017). Information need as trigger and driver of information seeking: a conceptual analysis. Aslib Journal of Information Management, 69(1), 2–21. http://10.0.4.84/AJIM-08-2016-0139%0Ahttp://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=llf&AN=120950687&site=ehost-live

Ridlo, M. R., Pasaribu, I. M., & Tarigan, H. F. (2020). Perilaku pencarian informasi mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial di Perpustakaan Universitas Sari Mutiara Indonesia. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 91–108. https://doi.org/10.21043/LIBRARIA.V7I1.5678

Rohman, J. N., & Husna, J. (2017). Situs Youtube sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi: sebuah survei terhadap mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171–180. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23037

Rupadha, I. K. (2016). Memahami metode analisis pasangan bibliografi (bibliographic coupling) dan ko-sitasi (co-citation) serta manfaatnya untuk penelitian kepustakaan. Lentera Pustaka, 2(1), 68. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i1.12358

Saufa, A. F., & Hidayah, N. (2018). Tantangan perpustakaan dalam mengelola repository di perguruan tinggi. Pustakaloka, 10(1), 113–123. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i1.1410

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Tate, M. A. (2019). Web wisdom: how to evaluate and create information quality on the Web. In Choice Reviews Online (3rd ed., Vol. 37, Issue 05). CRC Press. https://doi.org/10.5860/choice.37-2818

Wicaksono, H. &, & Kurniawan, A. (2016). Analisis keterampilan literasi informasi pustakawan pusat informasi ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto berdasarkan model the big 6. Lentera Pustaka, 2(1), 21–44. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i1.12355

Widayati, E. F., & Pariyanti, P. (2020). Delivery service pustakawan di era new normal. Pustakaloka, 12(2), 152–170. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i2.2321

Yunus, M. (2014). Hakikat menulis. In Keterampilan Menulis (pp. 1–45). Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v43i2.886



Copyright (c) 2022 BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi index by: