STRATEGI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SEBAGAI UPAYA MENGANTISIPASI HOAX (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA)
Abstract
This paper discusses how the role of university libraries in increasing reading interest as an effort to anticipates hoax with case studies at Sebelas Maret University Library. The aim of the study is to determine the library strategies in increasing reading interest as an effort to combat hoaxes. This study uses qualitative methods with data collection participatory observation and documentation. The conclusion of this study is the strategy adopted by the Sebelas Maret Univercity Library in increasing reading interest is by holding various talk show activities, book fairs, writing seminars and workshops, information literacy, receiving student visits and students, applying excellent and superior services, providing various kinds library collections, and promotions and improvement of library infrastructure facilities. These various efforts are expected that the public's interest in reading will increase so that the public will not easily accept hoax information.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisma, Olynda Ade, 2012 Peningkatan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah di Kelas VII SMP Negeri Puri. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia. 2017. Infografis Hasil Survey 2017. Di www.technopreneur.com (akses 1 Maret 2018).
Augusta, Ryan. 2017. Bahaya Berita Hoax, Publik Dirugikan. Di http://bangka.tribunnews.com/2017/10/26/bahaya-berita-hoax-publik-dirugikan (akses 28 Maret 2018).
Fuad, Anis, Ida Fajar Priyanto, & Donni Zuliyanto. 2017. Pustakawan Berperan dalam Menyajikan Informasi Sehat. Makalah Seminar “Perpustakaan Sebagai Gerbang Informasi Sehat” Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Kasiyun, Suharmono. 2005. Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, Vol.1,No.1.
Khofiah, Siti. 2014. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi SDN 1 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/ 2015 Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nashihuddin, Wahid. 2017. Pustakawan, Penangkal Informasi Hoax di Masyarakat. Jakarta: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah – LIPI. Di https://www.researchgate.net/publication/313859853 (akses 3 April 2018).
Pamuntjak-Sjahrial, Rusina. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Penerbit Djambatan.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nurwati, R., Nunung, Budiarti S, & Meilanny. 2016. Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Remaja. PROSIDING KS: RISET & PKM, Vol.3, No.1.
Rahadi, Dedi Rianto. 2017. Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.5, No.1.
Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Transaksi Elektronik. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia.
Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Traksaksi Elektronik. Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia.
Republik Indonesia. 2014. Permendikbud Nomor 82 Tahun 2014 tentang Sistem Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Respati, Sheila. 2017. Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita Hoax? Di https://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.orang.mudah.percaya.berita.hoax...(akses 28 Maret 2018).
Rizki, Juni Wati Sri. 2013. Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, Vol.1,No.2.
Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Sugiarti, Uci. 2012. Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Di jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/.../201/80 (akses 28 Maret 2018).
Sugiyono. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suyono, Riska Amaliah, Dewi Ariani, & Ariva Luciandika. 2015. Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT. Book Mart Indonesia].
Triatma, Ilham Nur. 2016. Minat Baca pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, Vol.V,No.6.
DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.419
Data citation
Arisma, Olynda Ade, 2012 “Peningkatan Minat Dan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Program Jam Baca Sekolah Di Kelas VII SMP Negeri Puri.” Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia, “Infografis hasil survey 2017. Diakses dari www.technopreneur.com. Pada 1 Maret 2018. Augusta, Ryan, “Bahaya Berita Hoax, Publik Dirugikan” diakses dari http://bangka.tribunnews.com/2017/10/26/bahaya-berita-hoax-publik-dirugikan pada 28 Maret 2018. Anis Fuad, Ida Fajar Priyanto, Donni Zuliyanto. 2017. “Pustakawan Berperan dalam Menyajikan Informasi Sehat.” Disampaikan dalam “Seminar Perpustakaan Sebagai Gerbang Informasi Sehat” Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Indonesia. 2014. Permendikbud No. 82 tahun 2014 tentang Sistem Organisasi dan Tata Kerja Universitas Sebelas Maret, Jakarta: Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, 20. Kasiyun, Suharmono. 2005. “Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa,” Jurnal pena Indonesia Vol. 1 No. 1 https://journal.unesa.ac.id/index.php/article/view/140 diakses 8 Mei 2018. Khofiah, Siti. 2014. Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Tinggi SD N 1 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/ 2015 Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. diakses dari http://eprints.uny.ac.id/9696/3/Bab%202%20-08108249144.pdf, tanggal 18 Mei 2018. Nashihuddin, Wahid. 2017. “Pustakawan, Penangkal Informasi Hoax Di Masyarakat.” Bogor: Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah, diakses dari https://www.researchgate.net/publication/313859853, tanggal 3 April 2018, 5. Pamuntjak-Sjahrial, Ny. Rusina. 2000. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan. Jakarta: Penerbit Djambatan, 4-5. Putri, Wilga Secsio Ratsja; Nurwati, R. Nunung; Budiarti S, Meilanny. 2016. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja” PROSIDING KS: RISET & PKM Vol. 3 No. 1, 51 Rahadi, Dedi Rianto. 2017. ”Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 5 No. 1, 63. Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 11 tahun 2008 “tentang transaksi elektronik. Jakarta,Kementerian hukum dan Hak Asasi manusia, 22. Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang No. 43 tahun 2007 “Tentang Perpustakaan.” Jakarta: Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 24-25. Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 “tentang Informasi dan Traksaksi Elektronik.” Jakarta: Kementerian Hukum Dan Hak asasi Manusia. Respati, Sheila. 2017. “Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita "Hoax"?” https://nasional.kompas.com/read/2017/01/23/18181951/mengapa.banyak.orang.mudah.percaya.berita.hoax...tanggal 28 Maret 2018. Rizki, Juni Wati Sri. 2013. “Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Peran Pustakawan.” Al-Kuttab: jurnal Perpustakaan dan Informasi, Sumatera Utara: UPT Perpustakaan Padangsidimpuan, Volume 1 No 2, 108. Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan : Universitas Sumatera Utara, 95. Sugiarti, Uci. 2012. “Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia” Diakses jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/.../201/80 pada 28 Maret 2018. Sugiyono. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 64. Suyono, Riska Amaliah, Dewi Ariani, Ariva Luciandika. 2015. Cerdas Menulis Karya Ilmiah, ebook: Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT. Book Mart Indonesia], 12 Agt 2015, 40. Tim Viva, Deretan Pasal dan Ancaman Pidana bagi Penyebar Hoax https://www.viva.co.id/digital/digilife/850193-deretan-pasal-dan-ancaman-pidana-bagi-penyebar-hoax Diakses 28 Maret 2018. Triatma, Ilham Nur. 2016. “Minat Baca Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta.” E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. V, Nomor 6, 169. Universitas Sebelas Maret, “Perpustakaan UNS mengkampanyekan Budaya Literasi di Solo Paragon Mall,” diakses dari https://library.uns.ac.id/perpustakaan-uns-mengkampanyekan-budaya-literasi-di-solo-paragon-mall/ tanggal 18 Mei 2018 Universitas Sebelas Maret, “Sejarah Singkat UPT. Perpustakaan.” diakses dari https://library.uns.ac.id/profile/ tanggal 13 Mei 2018. Universitas Sebelas Maret, “Workshop Strategi Menelusur Informasi melalui Google dan E-Resource Library.” Diakses dari https://library.uns.ac.id/category/events/page/3/ tanggal 13 Mei 2018. Universitas Sebelas Maret, ”Lomba resensi dan menulis artikel ilmiah tahun 2018.” Diakses pada https://library.uns.ac.id/6884-2/ tanggal 23 Mei 2018. Universitas Sebelas Maret, Perpustakaan UNS terima Kunjungan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Jember https://library.uns.ac.id/perpustakaan-uns-terima-kunjungan-mahasiswa-prodi-pendidikan-bahasa-indonesia-fkip-universitas-jember/ tanggal 18 Mei 2018. Universitas Sebelas Maret. “Pelatihan Literasi Informasi UPT Perpustakaan UNS,” diakses dari https://library.uns.ac.id/information-literacy-training/ tanggal 14 Mei 2018. Universitas Sebelas Maret. “Kuatkan Budaya Literasi, Perpustakaan UNS Selenggarakan Workshop Penulisan” diakses dari https://library.uns.ac.id/category/events/page/3/ pada 13 Mei 2018.
Copyright (c) 2018 BACA: JURNAL DOKUMENTASI DAN INFORMASI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.